Thanks for this day.. May God bless us everyone and everywhere..
Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 14 September 2011

Kapan Menikah?

Bagi kebanyakan orang yang masih berstatus single, pasti gerah dengan pertanyaan : "Kapan kamu menikah?" Dan jawabannya pun beragam. Mulai dari yang ngejawabnya cuma mesem-mesem aja, ada yang ngejawabnya sambil menggerutu, sampai dengan ke jawaban yang sadis seperti : "Emang hidup cuma sebatas perut sampai selangkangan doang?"

Jangan dikira pertanyaan yang keliatan sepele dan simpel itu berefek simpel juga bagi yang ditanya. Kan katanya hidup itu memilih. Siapa tau aja orang yang kita tanya itu telah memilih jalan hidupnya dengan membulatkan tekadnya untuk tidak menikah karena berbagai sebab yang tak kita ketahui kejelasannya. Artinya, orang itu; siapapun dia, sudah merasa bahagia dan nyaman dengan kehidupannya; bukan karena dia ga ada yang mau. Who knows kan?

Akibat dari pertanyaan itu, banyak  temenku yang jadi males kalo pergi ke undangan pernikahan, karena selalu saja ada yang nanya, "Kapan nyusul?"
Bahkan, ada lho temenku yang sampai hati pergi menjauhi keluarganya karena sering ditanya-tanya tentang hal itu sama orang tua dan keluarganya. Ga tanggung-tanggung. Perginya ke Amerika. Dan dia pun sudah menetapkan diri untuk menjadi warga negara sana. Piye jal nek wis koyo ngono? *Gimana coba kalo udah kayak gitu? Nah, efeknya ga sesederhana pertanyaannya kan? Moga aja ga ada yang sampe lebih tega lagi untuk ngebunuh dirinya sendiri gara-gara ini. Ih, amit-amit!

Jadi, marilah kita membuat nyaman dengan menghargai setiap orang yang kita jumpai  dalam kehidupan kita sehari-hari dengan apa adanya mereka. Asal kita tetep tau bahwa mereka itu straight, ga punya suatu penyimpangan sex.

***

Bisa jadi, kita adalah orang tua yang selalu menanyakan hal itu kepada anak-anak kita.
Bisa jadi, kita adalah om atau tante yang selalu menanyakan hal itu kepada keponakan-keponakan kita.
Bisa jadi, kita adalah sahabat yang pada saat resepsi pernikahan kita menanyakan hal itu kepada tamu undangan (baca : temen-temen kita) pas mereka ngucapin "selamat menempuh hidup baru" kepada kita.
Aku nulis ini ga ada maksud untuk ngebela atau nge-judges siapa pun. Seperti biasa, aku hanya ingin mengangkat kejadian yang lazim terjadi di seputar kehidupanku. Kasus yang aku ceritain di atas (baik yang ngejawab dan yang sampe pergi ke negeri orang) adalah temen-temen cowok, yang dinilai mempunyai langkah yang panjang.
Apa kabar kalo yang ditanya itu perempuan, yang lebih sensitif dan lebih pendek langkahnya daripada cowok.

8 komentar:

Celotehan three mengatakan... [Reply Comment]

Saya setuju, karena itu hak orang mau nikah ato ngga.

ketty husnia mengatakan... [Reply Comment]

wah..ni pertanyaan wajib buat adik iparku ketika dia mudik.tp hebat tuh anak, kebal luar dalam dengan lirikan, sindiran hingga pertanyaan pedas..sampe2 ga ngerti deh..:)
memang menikah dan tidak itu pilihan..:)

Ila Rizky Nidiana mengatakan... [Reply Comment]

kapan nikaah?? :D

jawaban klasiknya, "Mei, meibi yes, meibe no.. hihi.."

tapi pertanyaan ini emang sering bikin galau para jombloers, wkwkwk... etrmasuk ane, gan. *upst*

Senja Di Batas Cakrawala mengatakan... [Reply Comment]

Bayangin m' diana ngomong : Piye jal nek wis koyo ngono ^ ^

Alhd. kabar baik mbak

NuellubiS mengatakan... [Reply Comment]

wuah nih postingannya sungguh jleb bangeeet, :p

iskaruji dot com mengatakan... [Reply Comment]

ehm..saya ambil dari sisi lainnya aja..setidaknya pertanyaan itu masih lebih bagus ketimbang ditanya, "Kapan kawin?"..hikss..mang pitk'e Mbah kakung..waton nyosor..

Pinjem: "Emang hidup cuma sebatas perut sampai selangkangan doang?"...ehm deket banget jaraknya...

Nice post Mbak and happy blogging!

Deeahzone mengatakan... [Reply Comment]

bahkan ada yang bilang..cepet nikah lho ntar keburu gak laku haha! kebahagiaan itu datangnya dari hati, dan semua orang berhak menjalani pilihan hidupnya. Nice post Mb!

Ferdinand mengatakan... [Reply Comment]

Ya ampun, postingannya beginian lagi haha... koment gak ya haha... bener kata nuel ini jlebbb banget pertanyaannya, ampe nungging denger pertanyaan itu wkwkwk... :)

Sebenernya tergantung kesiapan masing2 sih menurutku.... :)

Poskan Komentar

[[ Form mobile comments ]]