Thanks for this day.. May God bless us everyone and everywhere..
Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 10 Maret 2011

Warisan dan Misteri yang Menyelubunginya

Siapa yang tak senang menerima warisan dari orang tua, leluhur kita... Aku pun senang, pasti... Ga munafik deh, karena warisan merupakan pemberian dan tanda kasih dari orang tua kita.

Namun, dibalik kebahagiaan kita di dalam menerima warisan, tentu ada aturan-aturan yang harus dijaga, dijalani, dan diamalkan. Istimewanya adalah karena warisan merupakan tanda kasih dari orang tua kita, maka warisan itu harus dibagi secara adil dan merata. Tak jarang, kita menemukan sebuah pertengkaran sengit dan bahkan hingga saling membunuh, hanya karena harta warisan.

Menurutku, dibalik warisan ada sebuah misteri yang cukup sukar untuk diurai. Telah aku temukan beberapa kejadian yang mengenaskan mengenai warisan ini. Aku jadi mengambil kesimpulan bahwa setiap ahli waris harus benar-benar mengambil haknya yang sebenar-benarnya, jika warisan itu : katakanlah sebuah rumah harus dibagi untuk beberapa saudaranya, ya bagilah menurut ketetapan yang ada. Jangan sampai hanya salah satu pihak saja yang menikmatinya, dengan menempati rumah itu seutuhnya. Alih-alih membagikannya dengan bijak, ini malah mengusir saudaranya untuk pergi dari rumah yang bukan hak mutlak miliknya.

Akibatnya, keluarga yang menempati rumah warisan itu satu persatu meninggal dunia di usia muda, mulai dari ayahnya, ibunya yang sebelumnya sakit jiwa, dan anak-anaknya yang masih muda dengan kondisi ekonomi yang memprihatinkan. Tak ada lagi yang bisa diambil dari tanah warisan itu, selain penderitaan dan menciptakan neraka bagi diri dan keluarganya sendiri selama hidup di bumi ini.

Inilah pelajaran yang baru saja aku ambil, aku resapkan, dan aku renungkan. Terlalu sayang, jika kehidupan ini diisi dengan hal-hal yang mengagungkan kelicikan dan keserakahan.



* Terima kasih, Tuhan, Engkau telah memberiku pelajaran yang sangat berharga ini, sehingga pengetahuanku boleh bertambah lagi tentang hidup dan kehidupan ini....

5 komentar:

narti mengatakan... [Reply Comment]

iya mba, memang banyak kejadian dari pembagian warisan.
mba Diana semoga kabarnya baik ya :)

sda mengatakan... [Reply Comment]

dulu pernah lihat juga mba, tegang pokoknya.
keinget sampai sekarang, padahal saat itu aku masih kecil.
semoga ga terjadi pada keluargaku, amin3x...

♥chika_rei♥ mengatakan... [Reply Comment]

emang sih gara2 warisan orang bisa jadi buta hati, lihat kejadian2 yang ada jadi miris

harusnya emang warisan itu diinfakkan aja
biar anak2 yg ditinggalkan berusaha sendiri
biar yg diwariskan cuma ilmu aja

Winny Widyawati mengatakan... [Reply Comment]

Sering masalah warisan membuat pecah hubungan persaudaraan mbak

Belantara Indonesia mengatakan... [Reply Comment]

Pelajaran yg di ambil dari lingkup kecil, acara PENGHUNI TERAKHIR di ANTV...karena rumah, apapun bisa terjadi, umpatan dan hardikan menggema..padahal..itulah kelemahan manusia yg di benci Tuhan....

Poskan Komentar

[[ Form mobile comments ]]