Thanks for this day.. May God bless us everyone and everywhere..
Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 05 Desember 2011

Lebih Menghargai Hidup Dengan Bersyukur

Pada suatu sore, di perjalanan dari kantor, alert SMS di hapeku berbunyi. Kemudian aku langsung membacanya. Siapa tahu SMS itu dateng dari orang yang aku sayangi dan aku banggakan :P

Aku baca dengan dahi yang mengernyit. SMS itu ternyata dateng dari temen satu kerjaan, tetapi berbeda unit. Tumben si mbak ini sms sama aku. Ada apa gerangan? Kalimat yang tertera di sana aku baca perlahan. Ternyata isinya sebuah permohonan dukungan darinya darinya agar aku ikut mendoakan adiknya yang terkena kanker payudara stadium 4. Sekarang, kankernya sudah menjalar ke tulang, sehingga ia lumpuh, dan sudah menjalar juga ke pundaknya. Kata dokter, jika virus kanker itu sudah nyampe ke otak, maka ia akan koma.
Temanku ini sungguh sangat mengharapkan sebuah mukjizat dari Tuhan untuk kesembuhan adik tercintanya, dengan menyebarkan SMS ke tiap orang yang dikenalnya.

Aku terdiam. Speechless. Aku gak langsung menjawab SMS itu. Sambil menghela nafas panjang, aku membayangkan sebentuk tubuh yang terbujur di ranjang rumah sakit. Tak berdaya dan menahan kesakitan. Setelah itu, aku mengetikkan huruf demi huruf yang akhirnya terangkaikan menjadi kalimat doa untuk adik tercintanya. Doaku tak panjang. Hanya memintakan yang terbaik untuk adik dari temanku yang bernama Irene itu, juga agar diberikan kekuatan di dalam menghadapi penderitaan fisiknya yang sudah digerogoti kanker. Kemudian, temanku itu membalas SMSku mengucapkan terima kasih atas doaku.

***

Belum lama berselang setelah kabar dari temanku itu, aku dikejutkan lagi dengan kondisi tetanggaku yang sudah koma. Sama, ia pun menderita kanker payudara! Duh, Tuhan.... Betapa sedihnya aku menyaksikan semuanya ini. Kembali aku speechless. Sekarang, kankernya sudah menyerang ke hati hingga membuat sekujur tubuhnya berwarna kuning. Ia juga menderita maag kronis. Aku memang ga deket sama dia, hanya saling tuker senyum jika berpapasan dengannya. Aku, tipikal orang yang males nonggo. Jika pulang kantor, aku lebih memilih diam di rumah. Leyeh-leyeh. Pun saat aku libur. Lebih seneng hibernasi :D 

***

Kejadian lain aku dapat informasinya di twitter. TL ramai membicarakan tentang kisah seorang Tissa yang akan dibukukan. Aku pun menelusuri jejaknya. Ternyata, ia menderita GBS = Guillain Barre Syndrome (GBS), yang sebelumnya Tissa didiagnosa mengidap Myathenia Gravis (MG). Ia juga menderita penciutan paru-paru sebelah, sehingga ia harus dibantu dengan alat ventilator, yang kadang paru-parunya tidak bisa menangkap mesin dari ventilator itu. Tissa juga harus dibantu oleh orang-orang yang berkenan menyumbangkan trombositnya.

Jika teman-teman ingin lebih lanjut mengetahui kondisi Tissa untuk ikut mendoakan Tissa, bisa berkunjung ke blog SEMUA SAYANG TISSA yang ditulis oleh kakaknya.

***

Sebelum tiga kejadian di atas, aku telah dikagetkan dengan kejadian om-nya temen sekantorku. Ia yang sedang berkumpul bersama keluarganya, tengah menikmati kebahagiaan lahir dan batin, karena ia baru saja akur kembali dengan kakak kandungnya, yang tiga tahun lalu mereka terlibat  konflik. Kemudian ia sedang merayakan kenaikan pangkat, dan baru saja membeli sebuah mobil baru. Tapi kebahagiaan duniawi itu tak lama ia kecap. Strooke telah menyerangnya. Telah terjadi pendarahan hebat di otaknya. Mobil barunya pun belum sempat ia kendarai, yang sore itu  malah mengantarkannya  ke rumah sakit, dan akhirnya meninggal dunia pada dini hari sekitar pukul dua. Itulah saat pertama dan terakhir kalinya ia menaiki mobilnya.

***

Tuhan, Engkau yang menciptakan pagi, siang, dan malam. Jadikanlah kami mampu memahami pesan-pesanMu yang tersembunyi di dalamnya. 
Berikanlah yang terbaik dariMu untuk mereka yang sedang berjuang melawan penyakitnya. Kumohon dengan segala ketulusanku ini Ya Tuhan, berikanlah setitik saja KuasaMu bagi mereka. Amin

Ya, hanya doa itu yang selalu bergema di hatiku. Aku ingin memahami setiap kejadian yang harus aku jumpai lewat sesamaku, bahkan aku rasakan. Bersyukur adalah sikap yang menujukkan betapa berharganya hidup ini. Lebih menghargai hidup dengan bersyukur. Bersyukur bisa membuat lebih peduli dan mencintai sesama, siapapun mereka.


***

7 komentar:

Obrolan Blogger.com mengatakan... [Reply Comment]

"ucap syukur kepada Allah, adalah dengan Taqwa kita kepadanya, tanpa itu hanya lipsing saja"

ini teguran keras bagiku, mbak.
Ya Allah mohon ampunan MU akan kealpaan ini dan semoga terus engkau beri kesehatan dan umur yang panjang untuk kejar ketinggalan yang ada.

Semoga Allah berikan kesembuhan bagi yang sakit tanpa meninggalkan rasa sakit, amin.

Masbro mengatakan... [Reply Comment]

Kita tidak akan bisa mengerti kapan ajal akan datang menjemput kita pulang. Yang kita bisa hanyalah mempersiapkannya, seperti saat kita sedang mempersiapkan ruang tamu sebelum tamu itu datang. Dengan bersyukur dan menghargai hidup..

Iskaruji dot com mengatakan... [Reply Comment]

Semoga kita termasuk bagian orang-orang yang mampu memahami pesan-pesan sang pencipta dalam setiap kejadian..serta mampu bersyukur kepada hal terkecil dari anugerah-Nya...happy blogging!

Sadako Kenzhi mengatakan... [Reply Comment]

Amin ya Rabbal'alamin.

semoga yang sakit bisa berangsur sembuh, dan buat Tissa semoga penyakit kankernya ndak tambah parah. kita sebagai manusia memang sepatutnya berusaha mengupayakan untuk kesembuhan dari penyakit, bila memang sakit. Tapi kembali lagi pada yang Maha Kuasa

Route Life mengatakan... [Reply Comment]

senang dengan judul tulisan ini mbak, simple tp maknanya begitu dlm, terlebih implementasinya sangat luas, tapi tak jarang, aku alpha dengans ini

Dan semoga Allah memberikan jln yang terbaik buat Tisa, amin

wassalam

ketty husnia mengatakan... [Reply Comment]

ikut berduka ya mbak..semoga semua teman mbakyang sedang sakit juga tetangga..diberi kekuatan dan semangat hidupjuga keajaiban oleh Yang Maha Kuasa.amiin.

Bisnis Online Blog mengatakan... [Reply Comment]

IKut Berduka Mbak.Semoga kita bisa mengambil ibrah dalam setiap kejadian dengan positif.Salam kenal ya mbak.

Poskan Komentar

[[ Form mobile comments ]]