Thanks for this day.. May God bless us everyone and everywhere..
Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 16 Juli 2010

belantara kehidupan


Kalo dipikir...
Kehidupan ini bagai memindahkan.

Keberadaan kita di muka bumi ini adalah hasil dari proses pemindahan dari air kehidupan ayah kita, yang bertemu sel telur di rahim ibu kita.

Tentu, sebelum itu terjadi, sudah ada cinta yang menurut kata pepatah, "dari mata, pindah ke hati..." Mmh, salah ya, "dari mata, turun ke hati..."

Berawal dari pertemuan antara sel sperma dan sel telur itu, Tuhan menitipkan nafasNya, dan kita bisa dibilang telah ada, dan hanya boleh dikasih waktu selama sembilan bulan berada di dalam kandungan ibu.

Jika ada yang lebih dari waktu tersebut, biasanya bayi itu kelak akan memiliki kawaskitan atau indera keenam atau kemampuan yang exlusive yang kelak akan berguna bagi diri dan sesamanya.

Sungguh, suatu proses pemindahan yang amat agung dengan keajaiban yang sangat luar biasa. Inilah salah satu bukti bahwa Tuhan itu Creator yang amat sempurna.

Alam, secara kodrati akan kembali memindahkan kita dari rahim ibu, ke dunia fana ini, dan.....terdengarlah tangisan pertama kita...!!!

Senyum tulus dan bahagia mewarnai kehadiran kita yang masih merah, mungil, dan lemah...

Sebuah proses agung yang mengandaikan nyawa sebagai taruhannya, telah terlewati dengan selamat dan sempurna.

Lagi...
Ketika kita makan, proses pemindahan itu terjadi. Kita memindahkan menu makanan kita sebagai asupan agar kita tetap bertahan hidup, ke dalam mulut kita, yang akhirnya makanan itu meluncur ke dalam perut kita.

Demikian juga ketika kita minum, untuk melepas dahaga kita.

Lagi...
Saat kita sekolah, kita mendengar dan memperhatikan guru-guru nan mulia kita menerangkan berbagai ilmu pelajaran.
Di sinipun, proses pemindahan itu terjadi.
Dari apa yang telah kita dengar dan perhatikan, penjelasan itu kemudian kita catat yang kelak akan dipindahkan kembali dalam bentuk ulangan, quiz, ataupun ujian untuk meningkatkan kelas kita dalam rentang waktu tertentu.

Lagi...
Ketika kita lulus dari sekolah kita (dari manapun strata kita), kembali proses pemindahan itu terjadi.
Apa yang kita peroleh selama kita dalam masa pendidikan, akan dipindahkan ke dalam setiap karya kita pada sebuah lembaga yang kelak akan memayungi kita.

Meski, tak selamanya kita dapat berkarya sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki, tapi tetap saja bahwa ketika kita bekerja, proses pemindahan masih saja terjadi.
Kita, memindahkan data yang ada; yang kita miliki ke dalam bentuk file di komputer kita, sehingga ketika data itu suatu waktu diperlukan, maka jika data itu ditelusur, akan terlihat kembali hasil dari karya kita.

Mmhhh...saat kita menerima salary (dengan penuh syukur), yang merupakan hak kita setelah kita melakukan berbagai kewajiban kita dengan penuh tanggung jawab, kita menerimanya dalam bentuk uang.
Uang yang diperoleh tersebut, kita gunakan untuk keperluan hidup kita sehari-hari. Jadi, uang kita pindah lagi kan...?

Begitu juga dengan berpikir, menulis, bertutur kata, senyum, dan bagaimana attitude kita. Semuanya tak bisa lepas dari proses pemindahan itu.

Apa yang aku lakukan ini juga merupakan proses pemindahan dari pemikiran ke dalam media blog. Bisa juga pemikiran kita ini dipindahkan di atas kertas, tutur kata, sikap yang menentukan pilihan hidup kita selanjutnya untuk menjaga hubungan kita dengan Tuhan, alam, dan sesama kita.

Mmmhhh...sebenernya, masih banyak proses pemindahan di dalam hidup kita ini, yang ga bisa ditulis di sini. Terlalu buanyaaakkk...tar ga muat, hehehe...

Itulah nilai dari kehidupan yang aku tahu. Betapa indahnya proses pemindahan itu mengalami fase dan siklusnya dalam setiap waktunya.

Hingga nyawa ini lepas dari raga kita, roh ini akan berpindah dari alam fana ke alam baka...

Semoga, kita senantiasa diperkenankan oleh Tuhan dan segenap alam raya ini, untuk tetap menjadi insan-insan yang bertanggung jawab, bijak, dan rendah hati dalam setiap proses pemindahan atas apa yang kita lihat, kita dengar, dan kita rasakan di dalam kehidupan ini, sekecil apapun proses pemindahan itu ada. Amin.....

25 komentar:

attayaya mengatakan... [Reply Comment]

perpindahan atau perubahan mendasar?
hehehe

inge / cyber dreamer mengatakan... [Reply Comment]

amin...

semoga apa yg berpindah dari luar kedalam diri kita juga yg sebaliknya, senantiasa membawa kebaikan

have a nice day ^^

Seiri Hanako mengatakan... [Reply Comment]

selamat pagi
semoga segalanya membawa kebaikan
terutama dalam hati kita
amin


(^__^)

Pakies mengatakan... [Reply Comment]

Pertama, kunjungan pagi bu. Kangen membaca artikel yang selalu menarik dan fresh. menunjukkan kearifan penulisnya.
kedua, memang kehidupan merupakan proses yang tidak pernah berhenti bergulir dan perlu dimaknai kita harus berubah menjadi lebih baik

Newsoul mengatakan... [Reply Comment]

Hidup adalah proses. Semoga hikmahnya indah. Selamat pagi mbak.

Ferdinand mengatakan... [Reply Comment]

Yang aku tau ... aku ada diBumi bukan karena kebetulan ....hhe....

Met aktivitas N Happy blogging ya...

AkuInginPulangDiKalaSenja mengatakan... [Reply Comment]

very like this post Kak... :)

selalu begitu hingga akhirnya kita kembali pada Sang Empunya...

Mpey mengatakan... [Reply Comment]

Dan lagi proses perpindahan itu terjadi ...
Dimana posting ini di buat dengan gaya sangat menarik dan akhirnya berpindah dan berbagi ilmu dengan ku ...

Makasih mbak ....

NENSA MOON mengatakan... [Reply Comment]

Pada akhirnya proses pemindahan itu akan berhenti di satu titik.
titik keabadian!
sebuah belantara kehidupan akhirat...

Erianto Anas mengatakan... [Reply Comment]

semuanya spt berlian...
banyak sisi memancar...
dan kita mengambil hikmah
banyak hikmah...

TAPI
apa sesungguhnya
tidak ada yang tahu

julianusginting mengatakan... [Reply Comment]

tentu semuanya perlu proses ya mba dan proses itu butuh waktu lama, tergantung kita menyikapinya gm

thya mengatakan... [Reply Comment]

perpindahan dan perubahan, menjadikan hidup seorang insan lebih berarti, ke arah yang lebih baik tentunya..

nice blog,
nice inspiration
let me follow :)

salam kenal

johan mengatakan... [Reply Comment]

buih asmara..hasilkan sebuah kehidupan baru

etam grecek mengatakan... [Reply Comment]

seperti nenek moyang kita dulu dgn cara hidup yg berpindah''(nomaden)..

Winny Widyawati mengatakan... [Reply Comment]

Alhamdulillah bisa juga tenyata hehe
Benar mbak difikir2, proses perpindahan itu gak pernah berhenti ya mbak. aku berharap proses perpindahanku di "akhir" nanti juga dimudahkanNYA mbak, amiin

Halaman Samping-nya Inung Gunarba mengatakan... [Reply Comment]

yang senantiasa abadi emang perubahan dan pilihan ya Mbak. Ketika kita berpindah fase kehidupan termasuk bekerja, kita dihadapkan dengan proses perubahan dan pilihan yang mengandung konsekuensi termasuk peluang yang lebih baik :)

trims, dah berkunjung ke blogku. Oya barusan aku follow ya. Trims :D

Belantara Indonesia mengatakan... [Reply Comment]

Kirain Belantara Indonesia..hehehehe..thx lah dah bawa nama Belantara...hidupp!!!

Herry Ir. mengatakan... [Reply Comment]

Alhamdulillah sel sperma yg unggul dari ayah sya membuahi sel telur ibu sya,,,yg hasilnyas jdilah sya ini..hehe

DorothyL mengatakan... [Reply Comment]

You have described the essence of life as human beings. Very inspiring compilation of words~

aryadevi mengatakan... [Reply Comment]

proses transformasi, perubahan dari tiada menjadi ada, dari tidak bisa menjadi bisa, dari bodoh menjadi berilmu dan seterusnya...


^_^ salam manis termanis mba

Lina Marliana mengatakan... [Reply Comment]

proses sebuah kehidupan yah..
Nice posting sist.. :)

Ozzys Blog mengatakan... [Reply Comment]

amiinn, dan yang pasti kita juga harus dan wajib bersyukur

zen mengatakan... [Reply Comment]

hohoho,, nice posting :)
emang bner tuh kta-kata :D
comment balik ya :))

om rame mengatakan... [Reply Comment]

hak dan kewajiban tentunya merupakan sebuah proses pemindahan juga.

Anonim mengatakan... [Reply Comment]

kehidupan br akn sll ada, sperti yg sdng ku lalui ini mgkn adlh khdupan yg br, bisa jg mba din ku cyg ini nulis sbagus ini, mdh2an scepatx bs di bukukan ya mba Amiiin, tulisanx layak bnget di bukukan bgs soalx

Poskan Komentar

[[ Form mobile comments ]]