Thanks for this day.. May God bless us everyone and everywhere..
Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 06 Desember 2010

Blogging : Antara Hobby dan Berbagi

Dewasa ini internet sudah merambah ke segala pelosok yang ada di negeri ini. Akses dunia maya yang demikian mudah dan cepat, telah sanggup menjawab apa yang kita butuhkan. Hanya dengan ujung jemari kita, kita bisa mencari berbagai informasi yang ada di seluruh belahan bumi ini. 

Berawal dari sebuah hobby membuat puisi, saya kemudian tertarik untuk masuk ke dunia yang satu ini, menjadi salah satu bagian dari internet, yakni merambah ke dunia blogging. Mulai awal April 2010, saya mencoba untuk membuat satu blog sederhana yang berisi kreasi-kreasi yang saya tumpahkan di sana. Selain puisi-puisi yang saya sajikan, saya juga mencoba untuk berbagi pengalaman dengan harapan bahwa apa yang saya tulis dapat menjadi hikmah sebagai sebuah renungan bagi teman-teman pembaca, yang kebetulan mampir ke blog saya.

Di balik tulisan-tulisan yang telah saya terbitkan di blog ini, ternyata saya merasa bahwa percaya diri menjadi kelemahan bagi saya. Terkadang, saya terlalu takut bahwa para pembaca yang budiman ini tidak bisa menerima apa yang saya sampaikan lewat tulisan saya. Pemikiran bahwa tidak semua orang suka akan puisi, selalu menghantui saya.
Saya juga terlalu takut dengan gaya tulisan yang saya persembahkan ini akan membuat para pembaca akan jenuh. Sehingga apa yang saya harapkan tidak akan sampai dengan baik kepada para pembaca.

Dunia ini selalu menyisakan kebaikan dan kesempatan. Dari dunia blogging yang saya jalani ini, saya sudah memperoleh banyak teman. Mereka selalu memberikan support, tanpa diminta. Jujur, saya sangat terharu akan hal ini. Tak pernah diduga sebelumnya bahwa saya akan mengenal teman-teman yang baik seperti ini. 
Dari mereka, saya memperoleh semangat yang luar biasa di dalam menulis. Entah itu menulis puisi, atau berbagi pengalaman lainnya yang semoga bisa menjadi sebuah kontemplasi bagi yang membacanya. Semangat itulah yang membuat saya selalu mempunyai kesempatan untuk menulis, di manapun saya berada. Sering, saya posting entri terbaru dengan menggunakan handphone. Dari merekalah ide-ide ini mengalir, untuk kemudian saya bagikan kembali. Tak jarang dari komentar teman-teman terkasih yang ada di bawah postingan, bisa saya jadikan ide di dalam menulis.

Dengan pengalaman dari dunia maya ini saya ingin selalu memberi yang terbaik. Tentunya untuk menjadi yang terbaik ini, saya harus bisa menempatkan diri untuk menjadi yang terbaik dengan segala upaya yang saya lakukan. Semakin jeli di dalam memberi warna pada setiap tulisan-tulisan saya, agar para pembaca tidak cepat jenuh, misalnya dengan belajar membuat quote. Senyum teman-teman pasti akan selalu mengukir keindahan terbaik saya, hari ini dan esok. Dengan percaya diri bahwa apa yang akan saya tuliskan ini akan berguna bagi para pengguna internet, siapapun juga.

Di dunia blogging ini, banyak saya temukan tulisan-tulisan yang sangat berkualitas. Entah itu dari segi isi, maupun dari segi gaya bahasanya. Saya akan terus belajar dan belajar hingga saya bisa menjadi seperti mereka pada suatu hari nanti, tanpa menghilangkan ciri khas tulisan saya.
Jika tulisan saya telah dapat diterima dengan baik oleh khalayak dunia maya, itu tidak akan membuat saya berhenti untuk belajar. Saya akan lebih banyak lagi membaca karya-karya dari para penulis yang telah mumpuni di bidangnya.

Di masa yang akan datang, khususnya menyambut tahun 2011, saya akan berusaha sebisa mungkin agar saya mampu untuk menyemangati diri sendiri dalam rangka memberi yang terbaik di dunia maya ini. Berharap selalu bahwa apa yang saya dapatkan dari dunia maya ini bisa diterapkan pula di dunia nyata, sesuai dengan bidang yang saya geluti saat ini.


Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Muhasabah Akhir Tahun di BlogCamp.

14 komentar:

Pengunjung setiamu mengatakan... [Reply Comment]

Betul ni, antara hobi dan berbagi..!

Ada kontes ya..?? Boleh ikut gak..??

windflowers mengatakan... [Reply Comment]

@pengunjung setiamu...iya hehe..
mau ikutan? boleh dong..silakan kunjungi blog penyelenggaranya..:)

Shohibul K.U.M.A.T mengatakan... [Reply Comment]

Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam K.U.M.A.T - Kontes Unggulan Muhasabah Akhir Tahun di BlogCamp.
Akan dicatat sebagai peserta

Salam hangat dari Markas Blogcamp di Surabaya

saidiblogger mengatakan... [Reply Comment]

pengen ikutan...

mudah2an muhasabahnya bisa berdampak positif di tahun berikutnya. :D

Sukadi Brotoadmojo mengatakan... [Reply Comment]

Apapuntujuan kita yang terpenting selalu menjaga tali persahabatan dan persaudaraan he.he..

Semoga sukses dengan kontesnya Mbk, mau ikutan juga tapi masih belum kesampaian he.he

NECKY mengatakan... [Reply Comment]

Kita ada di dunia ini salah satunya adalah agar dapat bermanfaat bagi orang lain. Blogging salah bentuk silahturahmi meskipun bukan dunia nyata. Berbagi ilmu, sharing experience, dan lainnya adalah contoh aplikasi dari manfaat berteman meskipun belum tentu pernah bertemu muka antara satu dengan yang lainnya.

Belantara Indonesia mengatakan... [Reply Comment]

berpendirian yg utama jeng...aku juga ga yakin semua suka gunug, tapi..bukankah kita buat artikel utk semua orang? bukan hanya teman blog atau yg follow bukan?.....

Ladyonthemirror mengatakan... [Reply Comment]

tulislah sesuatu yang kita suka urusan pembaca ngga usah terlalu dipikirkan, semakin sering menulis tulisan kita semakin terasah. terima kasih telah mengenalmu dan persahabatan ini. Dunia blog membuat hidupku lebih berwarna.

Elsa mengatakan... [Reply Comment]

hoby dan berbagi, sepertinya 2 hal itu memang sungguh menyenangkan ya...

hoby bisa menyenangkan kita pribadi
sedangkan berbagi, selain menyenangkan orang lain, kita pun senang karena sudah berbagi yaa

windflowers mengatakan... [Reply Comment]

@pakdhe cholik..makasi kembali pakdhe..sukses selalu bwt acaranya...:)

@saidiblogger..ikutan aja..masih ada wkt koq..
semoga..amin..:)

@mas sukadi..iya mas..tali persahabatan lebih berharga dari apapun jg..terima kasih mas..:)

@necky..iya, justru itulah yg bikin aku terharu..meski blom pernah ketemu, tp support itu selalu ada..:)

@belantara indonesia..iya mas..pny ciri khas sendiri dan tetep percaya diri bhw kita hadir utk semua..bukan terbatas utk kalangan tertentu
saja..

@mba misfah..iya mba..aku akan terus menulis apapun yg terlintas di benakku..terima kasih mba misfah sudah berkenan menjadi salah satu sahabat terbaikku di sini..warna warni dunia memang lebih ceria di sini..:)

@elsa..itulah harapanku mba..bisa melakukannya dng tulus..:)

Sugeng mengatakan... [Reply Comment]

Hobi bersinergis dengan berbagi jadinya ngeblog terus ya mbak :D Sukses dengan kontesnya.
Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

windflowers mengatakan... [Reply Comment]

@mas sugeng..hehe..makasih mas..salam hangat dan jabat erat pula dari bandung..:)

Cyber Katrox mengatakan... [Reply Comment]

Teruskan hobby Anda dan tetaplah untuk selalu berbagi. Sukses selalu.

Bang Iwan (Yuri KUMAT) mengatakan... [Reply Comment]

mampir dengan membawa buku besar peserta KUMAT untuk melakukan penilaian.
Salam hangat selalu

Poskan Komentar

[[ Form mobile comments ]]