Thanks for this day.. May God bless us everyone and everywhere..
Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 18 November 2010

abg tua ; siapakah dia sebenarnya??


abg tua: sebuah judul lagu yang dibawakan oleh grup band yang bernama plat. musik yang disuguhkan sangat easy listening dengan lirik yang mudah dicerna. tema dari lagu ini mengangkat fenomena yang ada disekitar kita. bercerita tentang tingkah polah seorang pria yang sudah berumur, mungkin sekitar 50-60 tahun yang mempunyai sifat seperti abg alias anak baru gede.

anak baru gede atau lebih beken di sebut abg adalah remaja awal yang baru meninggalkan usia anak-anak. jika dilihat usia sekolah bisa dibilang anak smp atau sma. abg dikisahkan mempunyai sifat tipikal remaja, hura-hura, suka berkelompok, ingin selalu eksis didalam komunitasnya. sikap inilah yang membentuk karakter abg sebagai "usia kritis" dimana tingkah polahnya cenderung labil, memberontak. maka munculah istilah 'kenakalan remaja'.

dalam lirik lagu ini diceritakan bagaimana seorang pria berusia tua bertingkah polah layaknya anak baru gede. dengan 'kenakalannya' dia mencoba terlibat dalam urusan anak baru gede; percintaan dengan remaja putri, tebar pesona kepada wanita yang ditemui. penampilanpun dijaga betul dengan harapan menarik perhatian kaum wanita.

tokoh usia tua yang disebut abg tua ini digambarkan telah berkeluarga, mempunyai anak dan bini yang ada dirumah. jika dilihat dari lirik tersebut dapat disimpulkan bahwa tokoh ini adalah laki-laki tulen. mempunyai seorang bini yang tentunya perempuan yang melahirkan anaknya. jelas sekali jika kita lihat dalam video klipnya.

lagu yang enak di dengar ini, membuat kita nggak cukup mendengarkan hanya sekali. berulang-kali di dengar, ternyata ada sesuatu yang mengusik. disebutkan bahwa tokoh abg tua ini disebut penjahat wanita.jika kita bandingkan kalimat  penjahat wanita, susunannya akan sama dengan seniman wanita, sutradara  wanita, pelukis  wanita, pembalap wanita, penerjun wanita, pilot wanita, polisi wanita, tentara wanita dsb. disinilah kebingungan mulai muncul, arti dari susunan kata- kata terbut kurang lebih adalah seorang wanita yang melakukan atau terlibat dalam urusan sesuatu. misal polisi wanita, maka artinya dalah polisi yang berjenis kelamin wanita. pilot wanita artinya adalah seorang wanita yang berprofesi sebagai pilot. demikin pula dengan penjahat wanita, artinya adalah wanita yang melakukan suatu tindakan buruk, jahat, melanggar aturan dll.

jika dilihat dari istilah yang digunakan dalam lirik lagu ini, bagimana seorang penjahat wanita selalu berusaha memikat setiap wanita??bagaimana mungkin seorang penjahat wanita mempunyai anak bini dirumah??padahal arti bini adalah seorang istri/wanita/perempuan yang telah diperistri??

bungkus..bungkus... bungkus....
nggak perlu pusing mikir jenis kelaminnya apa yang penting asik aja buat di dengerin sambil ngopi di sore hari.

sukses buat pl4t band, yang udah nemeni perjalanan panjang. nggak terasa udah nyampe kemana- mana .

19 komentar:

Belantara Indonesia mengatakan... [Reply Comment]

kok malah blm tau ni band ya jeng?..

Common Cyber mengatakan... [Reply Comment]

Penasaran nh ama lagunya.
Mau setel youtubenya di atas. Internet lemot abis nih mbak.
Hehehehehe

Gak tahu knp SPEEDY akhir2 ini di kota saya lg lolaledung

Bumi Al Fattah mengatakan... [Reply Comment]

Maknanya jadi inget sama lagu Tua-tua Keladi main tua makin jadi ya mbak.
Maaf belum bs puter vid.nya, buffernya gak nahan

Noah Lirik Video mengatakan... [Reply Comment]

wah baru tahu neh saya abg tua...

TRIMATRA mengatakan... [Reply Comment]

kritik sosial lewat lagu, kreatif dan tajam. daripada lewat coretan dinding atau demo, mending lewat lagu aja...

Sukadi Brotoadmojo mengatakan... [Reply Comment]

saya malah baru denger mbak, saking banyaknya band baru jadi ketinggalan informasi he.he..
yang penting enak didenger trus dibungkus saja ... :)

Abdul Malyk mengatakan... [Reply Comment]

di dengerin dulu deh,,
hmm,,

Winny Widyawati mengatakan... [Reply Comment]

Wah tumben nggak ada puisinya mbak hehe. Btw penggunaan bahasa kita dan mereka kadang membuat rancu ya mbak, mungkin ada pengertian lain mbak.

DenBaGas mengatakan... [Reply Comment]

Salam
Wah, mba'e pemerhati band baru yach..Ato jgn2 produser band yg satu ini(PLAT BAND)

Hmm, musik dan seni adalah sebuah ekspresi. Sebuah media penyaluran diri...

Salam kawan

Meutia Halida Khairani mengatakan... [Reply Comment]

wah saya baru denger bgt nih nama band

Mood mengatakan... [Reply Comment]

Wow.. Wajah baru nih ya mba. Sampe pangling mampir kesini. Ha ha.. . Eh ABG tua nya boleh juga tuh.
Salam.. .

kesehaRian Ra-koen mengatakan... [Reply Comment]

late nite visit :)
enjoy your day ^^

Sapi Jantan mengatakan... [Reply Comment]

Met Pagi mbak Diana,
mereview lagu dan komplit. Aku berharap menjadi laki-laki tulen kayak yang digambarkan.
tapi diusiaku seperti ini kok lucu di bilang ABG
Aku Bapak Gaul aja deh
hhh

Lilis mengatakan... [Reply Comment]

Ternyta ada ABG tua ya.. penasaran dnegan lagunya

ica puspita mengatakan... [Reply Comment]

penjahat wanita? kalo dipikir-pikir saya juga bingung dengan dua kata tersebut. tapi kalo lagunya easy listening ya nggak masalah kok mbak...

salam,
ica

TriZ mengatakan... [Reply Comment]

hehe.. mba diana jeli banget ya.. kalo berdasarkan tata bahasa memang betul artinya seperti yg mba diana maksud..

tapi mungkin "penjahat wanita" yang dimaksud dalam lagu itu adalah orang yang menjahati wanita...
misalnya ada penculik wanita artinya orang yang menculik wanita.. mungkin begitu.. hehe

tapi ngomong2 lagunya yg gimana yah.. mau aku cari akh.. jadi penasaran..

aryadevi sudut kelas media belajar siswa sekolah menengah mengatakan... [Reply Comment]

ABG tua....benar apa yang dimaksud sobat @TriZ, maksud penjahat wanita adalah lelaki yang menjahati wanita.

Ladyonthemirror mengatakan... [Reply Comment]

kirain lagu Anggun C Sasmi tempoe dulu...taunya bukan yaa..

windflowers mengatakan... [Reply Comment]

@belantara indonesia..hehehe..makanya ini aku kasi tau..hihi..enak kan lagunya..?

@common cyber...sabar aja mas..tar jg km bs dengerin..hehe..

@bumi al fattah...iya, sejenis lagu itulah..hihi..gpp mas..nyantai aja..:d

@noah link video..hehe..sama mas..pas aku tau lagu ini langsung aku share..hihi

@trimatra..iya ya..bs didengerin dengan nada2 yg enak di kuping..hehe

@mas sukadi..betul sekali mas..langsung bungkusss..hehehe...

@abdul malyk..oke, selamat mendengarkan..:)

@mba winny..hehe..sekali2 ga ada puisinya mba..hihi
memang ada pengertian lain mba..dan aku ngerti maksudnya..tp ya itu td, jd rancu..:)

@den bagas...hahaha..bs dibilang produsernya ato malah yg membidani band ini..hihi..*becanda lho..*

@meutia..fresh from d oven mba, mba..hehe..

@mood...hehe..iya mas..apa kabar? udah lama ga nongol kemari...hehe..lagunya enak didenger ya...?

@keseharian ra-koen..thanks for visiting..:d

@sapi jantan..met pagi mas pakies..hehe..iya mas, mending bapak gaul aja..bisa aja ni mas ini..hahaha...

@lilis..penasaran mah tinggal dengerin aja mba..selamat mendengarkan ya mba..hehe..

@ica...haha..yg penting enak lagunya, trus dibungkus aja mba..hihi..

@TriZ..hehe..bener yg mba bilang, maknanya kesitu..tp jd ga konsisten ya..
met mendengarkan ya mba..hehe..

@aryadevi..iya mas..

@mba misfah..bukan mba..hehe..

Poskan Komentar

[[ Form mobile comments ]]