Thanks for this day.. May God bless us everyone and everywhere..
Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 29 September 2010

Gengster : Anak Bandung, Banggakah Menjadi Gengster?

Jika aku mendengar selintas informasi mengenai gengster yang ada di Bandung, aku kadang suka heran sendiri. Ada sejumlah nama geng yang eksis di Bandung ini. Adalah XTC, BRIGEZ, MOONRAKER, dan entah apa lagi (tapi ketiga itulah yang sedang booming alias selalu bikin masalah-red). Aku ga tau dalam penulisan nama geng itu bener atau salah. Tapi satu yang pasti, yang aku tahu, mereka itu suka sekali melakukan vandalisme. Menuliskan nama gengnya, sebagai tanda atau ciri bahwa itulah daerah kekuasaannya. Sejumlah tugu-tugu kecil berbentuk segitiga,  yang sekaligus sebagai taman aspal ini, kebanyakan dicoret-coret. Bahkan aku pernah menemukan coretan mereka ada di bagian MONUMEN PERJUANGAN RAKYAT JAWA BARAT. Mmmhh, apa ga memprihatinkan tuh... Sebagai generasi muda, bikin ga bisa, mbok ya ikut ngejaga... Aku pikir itu bukan sebuah kegiatan yang berat koq...

Belum lagi aksi mereka di jalanan, yang disebut geng motor.. Sangat meresahkan. Kemarin aja ni, mereka ditangkap. Ada sekitar 244 personil ditangkap karena ulah mereka yang ugal-ugalan di Subang.

Jujur, aku miris banget. Sebagai warga Kota Bandung, aku sebenernya ga rela liat dan denger ini semua.
Aku jadi berpikir... Kenapa mereka membuat perkumpulan keras seperti itu. Bukan hanya aksi vandalisme saja yang mereka lakukan selain meresahkan masyarakat, namun mereka sering pula berantem, dan tak jarang nyawa sebagai taruhannya. Apa ga konyol tuh..???

Mending aja, mereka itu menjadi perkumpulan-perkumpulan yang ramah lingkungan. Biarlah nama mereka tetep keren-keren, namun mereka selalu siap untuk menjaga lingkungan kota. Misal ni.. Bersihin Sungai Cikapundung, ngebantuin Pak Walikota nanem pohon sama nerbangin burung-burung. Daripada mereka berbuat yang bener-bener konyol dan tak bertanggung jawab. Atau bantuin Pasukan Orange yang berkarya ngebersihin jalan-jalan kota secara periodik. Asik kan...? Sambil sekalian membuat hati para orang tuanya ga khawatir...

Apa bangganya jadi anak gengster...???

Bener kata Bapak Dede Yusuf, Wakil Gubernur Jawa Barat... Mereka yang kebanyakan masih berstatus sebagai pelajar SMU ini harus dan wajib menjadi anggota pramuka... Biar mereka bisa lebih asik lagi dalam berekspresi dan dalam pembentukan karakternya sebagai generasi bangsa...


* Hatur nuhun Pak Dede, abdi mah satuju pisan, upami murangkalih-murangkalih eta dilebetkeun kana organisasi kepramukaan mah. Punten jewer weh cepilna upami bararaong wae mah....

Coz, I luv you so much, Bandung...:)

30 komentar:

WONG SIKAMPUH mengatakan... [Reply Comment]

Bener bgt sob,gangster kayak gt gak pny pikiran..Berbuat sesuka hati,dan yg lbh mengecewakan lg mereka suka mengotori tempat2 umum dgn corat caret tulisan

Mood mengatakan... [Reply Comment]

Gak zaman kali gengster sekarang, lebih asik cari kegiatan positif lain yang banyak macamnya dan berguna lagi.

windflowers mengatakan... [Reply Comment]

@WONG SIKAMPUH yup..bener banget mas..aku paling ga suka dan miris banget..itu baru fasilitas umum, blom lagi di tembok2 rumah orang dan pintu toko2, sering pula dijadiin ajang coretan tangan mereka...:(

windflowers mengatakan... [Reply Comment]

@Mood ya..makanya wakil gubernur ngeharusin mereka jd anggota pramuka..hehe...

Noor's blog (inside of me ) mengatakan... [Reply Comment]

Setuju tuh Bu...! anak2 geng motor bikin ribet, kalau saya bawa motor muter2 Bandung jadi ngga nyaman....soalnya tiap hari ada polisi razia motor.

Salam hangat selalu....

aryadevi mengatakan... [Reply Comment]

kreatifitas egosentris namanya...ditambah laku yang merusak keamanan...kenyamanan orang...

dee mengatakan... [Reply Comment]

dalam gengster..mereka menemukan pengakuan" identitas..dan merasa dalam kelompoknya, mereka bisa melakukan apa saja tanpa kenal takut dan bisa bertindak sesuai aturan yg mereka buat sendiri:) Nice post Mb"..

windflowers mengatakan... [Reply Comment]

@bang pendi...hahah..kmrn di cihampelas ada yg kena razia jg bang..pdhl dia bukan anggota geng..krn dandanannya aja yg unik, dengan cat pirang di kepalanya..hihihi..

ya, itulah resikonya..kenyamanannya jd sedikit berkurang...makanya aku ga suka...:(

@mas aryadevi..iya bener mas..egosentris yg amat kuat melekat..ga berpikir panjang...

@deasy...nah itu dia..krn pengakuan yg halal menurut mereka sendiri, bukan mnrt kebanyakan orang..sbenernya sih ga dng cara spt itu ya mnrtku kl pngen pengakuan..masi bnyk hal positif (yg kusebutin di postingan) yang ga ngebikin mereka jd brutal dan meresahkan, cari perhatian dan sensasi yg ga nguntungin bwt mereka sndr jg..thanks ya mba...:)

Djangan Pakies mengatakan... [Reply Comment]

Bagi mereka dan kelompoknya tentu merasa bangga, tapi mereka tidak menyadari bahwa kebanggaan yang mereka rasakan justru menjadi pisau belati yang mengiris nurani orang tua, keluarga dan masyarakat secara umum. Mudah-mudahan kelebihan energi mereka bisa dialirkan pada hal-hal yang lebih kreatif dan bermanfaat. nais share mbak

Lone Fighter mengatakan... [Reply Comment]

Gnerasi qt mank gi brada pd gris degradasi mral yg pling extrem. cman mnrut ane,krang bjaksna kalo kta mnmpahkan caci maki pda mrka. bih bjaksna kalo pnangananx lwat jlur persuasif. mklumlah, mreka cman gi labil n krang pngarahan yg tpat dri kluarga...

windflowers mengatakan... [Reply Comment]

@Djangan Pakies amin..semoga aja mas..krn aku jg ingin mreka tumbuh dengan wajar...dan bahkan berprestasi..

windflowers mengatakan... [Reply Comment]

@Lone Fighter ya..aku jg ngerti..ga adil jg kl kita nge-judges mereka dng semena2..mereka kaya gitu jg krn faktor lingkungan dan keluarga..
kebanyakan kl aku liat, mereka itu keluarga broken home yg nyari perhatian dan kasih sayang di luar..

aku hny nunjukin keinginan dan harapanku sebagai yg lebih tua dr mereka...(hihi - nyadar kl udah tua)...agar lbh bisa menjaga dirinya..krn nyawa
tarohannya lho...jg menjaga keluarganya...lingkungannya dan menjaga keindahan kota...

menjadi member pramuka mgkn bs membuat mereka lebih baek di wahana ini...meski mgkn bagi mereka pramuka itu kuno, ga rame, dan sebangsanya...:)

Popi mengatakan... [Reply Comment]

sayangnya Pramuka cuma rame saat SD ya mbak? kala SMP dan SMA udah mulai sepi peminat!

windflowers mengatakan... [Reply Comment]

@Popi yup..bener sih..hihihi..tp itulah 'keharusan' yg hrs mereka terima...hehe..

Sukadi Brotoadmojo mengatakan... [Reply Comment]

entah apa yang mereka cari, daripada membentuk komunitas yang kurang jelas arahnya mending ngeblog aja terus membentuk komunitas blogger, mungkin lebih bermanfaat..he.he..

k.o.s/Komunitas Online Sragen mengatakan... [Reply Comment]

kalo menurut saya,,sebenarnya mereka kurang perhatian saja..dan menjadi seorang gangster bukanlah satu kebanggan,tapi penyiksaan pada diri sendiri..

Meutia Halida Khairani mengatakan... [Reply Comment]

dulu juga sewaktu masih kuliah di bandung, saya sering bgt dengerin anak SMU bikin gengster. ada yang bawa pedang dan nyabet orang2 sesuka hati mereka.. gilaaa ya?!

k.o.s/Komunitas Online Sragen mengatakan... [Reply Comment]

yang mereka banggakan adalah mereka bisa berpakaian yang seram,komyol,dan biar ditakuti...
hehehe kalo menurut saya sih mungkin mereka kurang perhatian saja..

om rame mengatakan... [Reply Comment]

teringat masa2 LaLu, sekitar 12 tahun yang LaLu saat saya masih bergabung (saLah satu pendiri) di gank motor "Y-Gen", yang awaLnya berjumLah sekitar sepuLuh bikers sampai akhirnya berkembang sampai ratusan bikers, khususnya anak2 tanjung priok jakut. pada saat baru2 di bentuk semua tertib dan teratur, paLing aktifitas brutaLnya hanyas sebatas baLap Liar. namun kian kesini suka tawuran sama anak2 motor Lain "pacinko" (anak pademangan) yang merupakan musuh bebuyutan, biLa bertemu kerap terjadi tawuran bahkan perampasan kendaraan (motor) dan sempat terjadi pembunuhan.

dari pengaLaman2 itu semua, saya cermati. pada awaLnya hanyaLah sebagai unjuk gagah2an saja, tetapi di baLik itu terkadang ada unsur provokasi dari pihak2 tertentu yang memang bertujuan kurang baik.

nah, dengan kondisi demikian. diharapkan kita sebagai orang yang Lebih dewasa hendaknya dapat mengarahkan kepada kegiatan2 yang Lebih baik. adapun fasiLitasi hanya aLa kadarnya jangan sampai terLaLu jor2an untuk mengikuti keinginan anak2.

kiranya, semoga dinas terkait (pemerintah) memiLiki program2 khusus untuk bisa mengatasi haL2 demikian. karena ini merupakan cerminan tendensi buruk priLaku generasi muda bangsa ini.

sekarang udah enakan nih, kaLo mau komen. hehehe...

Laston M Nainggolan mengatakan... [Reply Comment]

Mestinya MALU....

Ferdinand mengatakan... [Reply Comment]

Huh.. akhirnya aku bisa sampe di kotak komentar juga hhe.. maklum koneksi lagi parah hhe....

kmungkin pada pengen eksis doank kali hhe... tapi klo udah meresahkan itu yg gak aku suka... maen ngambil2 barang seenaknya di Mini market... mecahin kaca org , dll.... klo di tempatku kebetulan gak ada geng2 gtu hhe,.. langsung preman adanya haha..

Semangat n happy blogging...

windflowers mengatakan... [Reply Comment]

@Sukadi Brotoadmojo iya ya mas...aku juga heran..apa yg mereka inginkan dari dirinya sendiri...kayanya ga ada yg didapet deh dng ngebentuk komunitas atau kelompok yg ga jelas, yg hanya pngen kliatan gagah doang...

haha..bener mas..mending ngeblog ya...tuh kaya jogja sm jakarta yg mo ngadain pesta blogger hehe...

windflowers mengatakan... [Reply Comment]

@k.o.s/Komunitas Online Sragen ya okelah, kl mereka kurang perhatian, dengan nyari perhatian di luar sana...tp yg aku harapkan adl nyari perhatiannya yg cakep dong..jd dia dapet perhatian dari luarnya jg yg cakep2 ttg mereka...:)

windflowers mengatakan... [Reply Comment]

@Meutia Halida Khairani oya...mba kuliah di bandung...? di unpad bukan mba hehehe...
krn kebanyakan mereka berkumpul di daerah monumen perjuangan rakyat jawa barat mba...dan itu memang tmpt bwt ajang mereka menampilkan diri mereka, dengan balapan motor di situ...
cm kl berantem sih ga di situ...:)


@om rame wah, makasi bwt sharenya om...ternyata om jg pernah jd foundernya sebuah geng ya hihihi...
trus gengnya skrg masi ada ga om?

ya..itulah yg aku bilang om..bhw merka cm ingin gagah aja, dan dibalik itu semua ga ada yg didapet...
semoga ini cepat terselesaikan oleh pihak terkait, krn ini sudah merupakan 'prestasi' yg kurang baik untuk sebuah kota...mending sekalian diberdayakan aja mereka untuk melakukan hal2 yg lebih baek lagi yg berguna bwt dirinya, keluarga, bahkan kota tempat mereka tinggali...:)


@Laston M Nainggolan yup..tp mereka masih pngen gagah2an...jd ga bakal malu kali ya heheh...


@Ferdinand hehe..koneksi gi ga bagus ya fer...

iya..aku ngerti bnget kl mereka pngen eksis...tp eksisnya mbok yang elegan gitu...kan tambah asik...:)

Aan mengatakan... [Reply Comment]

betul...betul...betul...
saya suka ini...hehehe
ach di tangkap juga dah itu d lepasin lagi...
kasih efek jera hrznya...
buat pom pom boyz gitu jgn buat gangster...hehehehe

windflowers mengatakan... [Reply Comment]

@Aan yup..bener li..hahaha..kan efek jeranya disuru jd anggota pramuka..hehehe..

om rame mengatakan... [Reply Comment]

yah bisa dikatakan demikian Mbak, hehehe...
sekarang gank masih berdiri dengan jumLah yang semakin banyak, masih ada 2 teman saya mengawaL kegiatan tsb. padahaL beLiau sudah seusia saya, tapi enggak tau kenapa masih suka sama yang begonoan, kadang isterinya di ajak jaLan bareng, giLa yah.

sekitar tahun 2004an haL tsb sudah saya tinggaLkan dan saya arahkan pada kegiatan yang Lebih positif, misaLnya Lebih mengikutsertakan pada Lomba baLap resmi. karena memang saya hobi dengan motor. tapi sekarang udah pensiun Mbak, maLah saya seperti orang asing kaLo ada di tengah2 mereka karena sudah banyak yang tidak saya kenaL, begitupun sebaLiknya. kecuaLi kedua teman saya itu masih berhubungan baik dengan saya, biasanya saya dateng kaLo Lagi ada event khusus aja. sebagai nara sumber berbagi pengaLaman di dunia seperti itu, agar mereka tidak berbuat anarkis.

kaLo Mbak search di googLing, insya Allah ketemu. "Y-Gen" tanjung priok, yang duLunya pertama kaLi saya namakan "speedy duck" hanya beranggotakan sekitar sepuLuh bikers termasuk saya, seteLah anggotanya berkembang namanya di rubah menjadi Y-Gen.

pengaLaman manis bagi saya, sering kucing2an sama petugas. dan keLuar-masuk jaLan toL pintu kemayoran - pLumpang tanjung priok adaLah Langganan tiap maLem minggu. pernah juga sepuLang dari puncak bogor, menerobos jaLan toL UKI sampai priok. waktu itu gak mikirin mati tuh uber2an sama Patwal. hehehe...

windflowers mengatakan... [Reply Comment]

@om rame...mmhh baca pengalaman om asik jg ya..hehe..apalagi yg kucing2an sm petugas..seru...hihi..tp itu temen om yg masi suka jalan sm isterinya...memang dasar jodoh...haha..isterinya masi mau diajakin touring...

Oya, pantesan aja ampe skrg om bisa menghindar kl disemprit sm petugas...wkwkwk..ternyata jago balap ya..hihi..

Di sekitar monumen perjuangan rakyat jg sk ada event balapan motor yg resmi. Biasanya sponsornya dr yamaha...

Kl balapan sih aku setuju om..tp kl udah smpai meresahkan dan merusak lingkungan, jujur, aku ga respek...:)

om rame mengatakan... [Reply Comment]

hakhakhak..., jadi ketahuan nih kartunya saya. apa yang saya posting kemarin, haL itu memang masih terbawa sampai sekarang. yakni, peraturan untuk di Langgar.

kaLo sirkuit bandung saya beLum pernah coba, tapi kaLo seputar ciamis dan tasik sering kesana. itu sekitar tahun 1998-2002an kayaknya.

yah, untuk komunitas gank motor tsb saya Lebih suka mengarahakn kepada modifikasi motor untuk digunakan pada event resmi dan coba berbagi pengaLaman agar pengaLaman2 beberapa tahun LaLu tidak teruLang kepada mereka. karena haL itu resikonya sangat besar, baik untuk keseLamatn diri sendiri maupun orang Lain, terLebih keLuarga juga tentunya ikut merasakan diresahkan.

mengenai teman saya itu, mereka meLakukan haL itu sejak masih pacaran dan sampai sekarang. mungkin itu yang dinamakan jodoh kaLi yah, sampai2 harus reLa menitipkan anak2 yang masih keciL ke orang tua atau mertuanya. hehehe...

windflowers mengatakan... [Reply Comment]

@om rame...sip sip heheh..baguslah...tp modifikasi motor kan mahal ya om...
keren deh pokoknya...:)

Poskan Komentar

[[ Form mobile comments ]]