Thanks for this day.. May God bless us everyone and everywhere..
Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 15 September 2010

ANAK SMP dan Roket Air : Jawa Barat Belum Punya Wakil dari Tingkat SMP

Lomba roket air se-Jawa Barat yang diselenggarakan di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu 31 Juli 2010 lalu.

Lomba yang diikuti 46 peserta dengan peserta terjauh dari SMP Madania Parung, Bogor.
Adapun sebagai juaranya adalah:

1. Gregorio Eben Hezer dari SMP Taruna Bakti Bandung
2. Cristanto Yosua dari SMPK Yahya Bandung
3. M. Wildan Ramdhani dari SMP Muhammadiyah, Kabupaten Bandung

Syaiful Ardiansyah, Pelaksana Harian Yayasan Parahyangan Satya mengatakan bahwa menurut informasi dari Pusat Peragaan Iptek, Jabar hingga kini belum pernah mengirimkan wakil dari kalangan Anak SMP. Kegiatan ini diharapkan bisa mengatasi hal tersebut untuk mengikuti Kejuaraan Roket Air Nasional kategori pelajar SMP. Padahal, kejuaraan roket air ini sudah digelar setidaknya sejak 2006.

Lomba tingkat Jabar diharapkan bisa menyaring perwakilan untuk berlaga di tingkat nasional. Pihaknya berencana akan memberikan bantuan akomodasi bagi peserta bila nanti berlaga di perlombaan tingkat nasional.

Menurut Asisten Kepala Dinas Pendidikan Jabar Abur Mustikawanto, Disdik memiliki banyak program yang harus diselenggarakan sehingga belum bisa mengakomodasi seluruh kegiatan bagi seluruh pelajar tingkat SMP. Dengan inisiatif dari pengembang Kota Baru Parahyangan, pihaknya juga mengusulkan agar pihak pengembang bisa membantu program Disdik yang lain, seperti mengoptimalkan pemanfaatan gaya elektrostatis untuk kebutuhan sehari-hari.

Roket air dibuat dari bahan sederhana yang bisa ditemukan sehari-hari.
Bahan dasarnya adalah botol plastik bekas air mineral kapasitas 1,5 liter, ditambah lembaran plastik untuk sayap serta lilin mainan untuk moncong sekaligus pemberat di ujung roket.
Setelah diisi air, roket tersebut dipompa dengan udara dan termampatkan di dalam roket. Begitu katup dalam roket dibuka melalui pemicu, air terdorong keluar dan otomatis mendorong roket melompat ke udara.

Umumnya roket air bisa meluncur hingga 100 meter, tetapi dalam lomba itu hanya diperkenankan sampai 60 meter. Juara ditentukan berdasarkan jarak antara lokasi jatuhnya roket dan target.

Peserta dari SMP Al Azhar Syifa Budi Kota Baru Parahyangan, Bayu Satya Prawira, mengungkapkan, ini merupakan kesempatan pertamanya ikut serta dalam lomba roket air. Dia menemukan keasyikan dalam meluncurkan roket dan berusaha mencapai target yang ditentukan panitia.
Meskipun baru belajar mengenai roket air sehari sebelumnya, Bayu sudah memahami dasarnya, seperti sayap harus lurus agar laju roket tidak melenceng.



* sumber diambil dari Harian Kompas edisi Senin, 2 Agustus 2010.

** dalam rangka SEO Positif.

4 komentar:

tomo mengatakan... [Reply Comment]

Selamat bagi yang menang lomba

attayaya lampu colok mengatakan... [Reply Comment]

duuuh maaf
baru lihat ini
langsung kucatet di
http://www.attayaya.net/2010/08/membersihkan-keyword-anak-smp.html

dan akan berangsur angsur diposting dengan sundulan backlink di
http://anaksmp.info

om rame mengatakan... [Reply Comment]

peragaan IPTEK semakin Luas yah, pengapLikasiannya dikembangkan diberbagai tingkatan sekoLah.

semoga dgn adanya kegiatan2 serupa dapat meningkatkan minat anak2 sekoLah terhadap pemanfaatan IPTEK seutuhnya kepada haL yg bermanfaat bagi kepentingan bersama, sehingga dunia IPTEK di negara ini akan cepat berkembang agar setara dgn negara2 yg Lebih maju.

saLam kreasi untuk para juara, semoga dapat mempertahankan predikatnya dan terus berkreasi untuk bisa Lebih baik Lg.

windflowers mengatakan... [Reply Comment]

@mas tomo n om rame...yup, semoga kegiatan seperti ini dapat senantiasa menyemangati para pelajar SMP kita, anak SMP kita, dan pihak-pihak terkait, demi menjunjung tinggi nama bangsa Indonesia...

@bang atta...thanks ya bang...:) semangaatt...:)!!!

Poskan Komentar

[[ Form mobile comments ]]