Thanks for this day.. May God bless us everyone and everywhere..
Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 21 Mei 2010

Bangbung Hideung : kisah penari ronggeng



Indonesia, merupakan negara yang kaya akan kebudayaan. Keunikannya tersirat dari setiap adat istiadatnya.

Keunikannya tk jarang ada yang menyisakan daya magis dari kebudayaan itu sendiri. Misalnya tari ronggeng, kuda lumping, tari kecak, dll.

Ceritanya tentang ronggeng, yaitu satu kesenian yang berasal dari Jawa Barat ini, menyimpan satu misteri yang susah dijangkau oleh akal pikiran kita.

Konon, hanya dengan memperdengarkan lagu Bangbung Hideung, maka sang makhluk halus akan datang dan ikut menari bersama orang yang memanggilnya. Tentu saja ayng memanggil makhluk gaib yang aku tak tahu jenisnya ini bersama-sama akan menari rongeng, dengan menggunakan topeng penutup wajah yang seram, dengan seringai senyum yang mengerikan.

Sang makhluk gaib itu akan menari dan menari dengan tangan yang menggapai-gapai, menyerupai wajah dan sosok dari sang penari ( baca : manusia ), yang pada endingnya akan memotong jari-jari tangannya dengan bengis, dan meninggalkannya begitu saja dengan darah yang bercecer di lantai.

Sementara sang penari, diam berendam pada semacam sebuah bah berwana keemasan dengan bertabur kembang tujuh rupa. Wangi yang menyeruak, mengiringi prosesi magis itu.
Sementara, bebrapa nayaga dengan wajahnya yang pucat pasi, mengiringi prosesi magis itu dengan wajah yang sangat dingin, mengiringinya dengan tabuhan kendang dan gamelan. Pastinya, mereka juga berasal dari alam gaib.

Begitulah, prosesi yang membuat mantan penari ronggeng ini menjadi senantiasa cantik dan seksi, sehingga bisa membuat banyak pria tertarik padanya. Itulah cara dia mengenang saat-saat dia menjadi penari ronggeng yang diidolakan banyak pria. Dia tak akan pernah menolak bayaran dari para pria yang melihatnya menari.
Dia, tetap melakukan ritual itu semata-mata demi kebutuhan fisiknya, dengan cara bersekutu dengan iblis.


Selalu ada hikmah di balik setiap peristiwa. Kehidupan ini terlalu banyak dimensinya untuk diselami. Tetapi satu yang pasti, dunia gaib memang tidak bisa dipungkiri keberadaannya. Mereka senantiasa ingin dihargai dan dihormati keberadaannya, tetapi tidak untuk dipuja dan didewakan, bahkan mengajaknya bersekutu.
Cukup untuk menyadari keberadaan mereka sebagai makhluk Tuhan juga, itu sudah bagus. Hanya cukup tahu saja.

Di atas semuanya, alangkah bijaknya kita, jika kita lebih mengerti dengan pasti, bahwa kitalah makhluk Tuhan yang paling sempurna dan mulila yang DIA ciptakan.
Maka, kita dapat selalu memberdayakan segala sesuatu menurut kodratnya, tanpa menyentuh dasar-dasarnya.



* Bangbung Hideung dan aku

Bangbung hideung artinya bangbung hitam. Bangbung adalah sejenis serangga yang biasanya ada di sekitar pohon kelapa. Bangbung dalam Bahasa Indonesia adalah Kumbang. Jadi bangbung hideung artinya kumbang hitam.
Sesuatu yang aneh terjadi juga padaku, setelah beberapa kali mendengarkan lagu tersebut. Secara kebetulan, bangbung itu ada di rumah, hinggap di antara gantungan sabun cuci yang biasa dipakai, yang kemudian aku ambil gambarnya, karena sebelumnya juga, aku ga tahu rupa dari jenis serangga yang satu ini.

Pernah kejadian pula saat aku tidur, sebelumnya aku denger lagu-lagu yang dipasang di MP3 player di ponselku, dan kemudian aku tertidur. Di dalam mimpiku, seolah-olah aku sedang mendengarkan lagu itu di bagian rancak-nya (di bagian tengah lagu itu). Tapi pas terbangun, memang lagu itu yang terputar, karena player aku set random, tetapi baru bagian awalnya yang baru terdengar. Kejadian ini aku alami sebanyak dua kali.
Pertanda apakah ini?
Apakah itu pertanda bahwa kehadirannya memang hanya lewat sebuah lagu yang menyimpan misteri itu?
Entahlah...



note: inspirasi kisah ini diambil dari Nightmare Side - Ardan FM.


Bandungku, engkau jugalah misteriku yang terindah...
wah...mau upload fotonya, tapi blom ketemu...kayanya dia ga mo eksis deh hihih...



*Aku sengaja tak mengedit semua kata-kata yang salah di entri ini...

18 komentar:

inge / cyber dreamer mengatakan... [Reply Comment]

Selalu ada hikmah di balik setiap peristiwa. Kehidupan ini terlalu banyak dimensinya untuk diselami.

aku suka kalimatnya ^^

Aan mengatakan... [Reply Comment]

bangbung hideung....bangbung hideung....

lia sendiri z serem ngedenger ceritanya...

agoes pb mengatakan... [Reply Comment]

ngiring kaul

kejenk..... mengatakan... [Reply Comment]

waktu itt aq DAn PCAR menghadiri hjat nkhant tement,,,kbtlan disana ada pentas musik dangdut,,

singkat cerita saat aq lgy mkan,lgu bangbung hideung 7yg di putar oleh personil group dangdut iit,,
tba" tbuhqu gmetar panas mendengar lgu itt,,dan saat itt uga aq gk inget avha yg terjadi selanjutnya,,setlah aq sadar...tbuhqu sudah kotor,,mulutqu..pnuh dngan darah,
lalu aq tnya kpda orang2 sktar avha yg tdi terjai pda diriqu,,
dan mrka pun menjwab...bahwa tdi aq ksurupan dan mkan ayam hidup,

PARAHHHH...............

ittlwah pngalaman yg aq alami pda misteri lagu bangbung hideung.

nasrulloh mengatakan... [Reply Comment]

aku juga ngalamin,waktu itu lg pesta pernikahanku (mulung mantu) ada acara dangdutannya. Pas ada request bangbung hideung,siang hari lagi panas panasnya,tak tau angin dari mana,air dari mana,hujan angin sampe terpal yg di pake tutup buat yg nonton ikut kebawa angin....asli ni pengalamanku.

pebrianadamr mengatakan... [Reply Comment]

pada ngedongeng semua

bego
yang aku alami di dangdutan bahkan di acara wayang golek
saat lagu bangbung hideung di putar tidak pernah terjadi apa apa

itu hanya mitos untuk agan agan sekalian

Riady Yudawinata mengatakan... [Reply Comment]

Sharing aja nih entah apa yang tapi mungkin ini hanya kebetulan..

waktu itu ada pesta pernikahan di belakang rumah, saya bisa liat pesta tersebut di atap rumah saya.. di atap rumah saya itu ada sebuah kamar mandi yang tertutup rapat dan udah lama ngga di gunakan,ga tau kenapa waktu pesta pernikahan itu ada yang memutar lagu bangbung hideung.. tiba tiba aja secara spontan pintu kamar mandi yg di atap itu terbuka dengan sendiri nya.. wow aga kaget sih..!!!

mungkin ga ya . . ?

SINTHA mengatakan... [Reply Comment]

ANEHHH SETIAP DENGER LAGU BANGBUNG HIDEUNG SENDIRIAN...SUARA RIKA RAVIKA TERDENGA ATAU TERPUTAR...TP KALO DENGER BER 2 ATAU LEBIH...CUMA ADA SUARA KENDANG SAMAAAAA SUARA CO NYA AJAH....

dani SIMATOPANG mengatakan... [Reply Comment]

ada arti khusus atau mantra di lirik lagu itu,. tau gak kalian bambung hideung di ciptakan oleh siapa dan tahun berapa

leni marlina mengatakan... [Reply Comment]

saya orang sunda dan tau sedikit tentang lagu itu.......
bagi yang mengalami mistis saat lagu bambung hideung di putar itu hanya perasaan kalian saja
yang mungkin iman kalian sedang lowbet......
setan itu ada dalam diri manusia tampak bahkan di dalam jin juga ada setannya.....
setan itu ada di dalam hati kita yang berupa ujub takabur benci riya....(bukan nama penyanyi)dll
intinya lagu bambung hideung itu enak di dengar.. persis intronya lagu dream teather....
lagu daerah tapi kualitas lagunya menurut saya bagus . lagu daerah yang buhun alias baheula alias lagu jaman dulu yang sering di kaitkan dengan mistis bercampur dengan musik progesif roock . mantap inilah indonesia i lup ina

Gita Rosliani mengatakan... [Reply Comment]

setau saya lagu bangbung hideung ini bukan menceritakan tentang hal-hal yang mistis.tpi kalo tidak salah ini lagu menceritakan kesedihan dan kegundahan rahwana kepada dewi sinta,,dia sangat mencintainya ttpi tidak dpt dia miliki sehingga terus terbayang sosok dewi sinta.ada di lirik
"Aya uceung, paribasa
sarung bantal mung ku seep saputangan hiji
ceurik balas ku nalangsa, abdi nalangsa
nguping hujan tengah weungi diimah keueung sorangan
nguping hujan tengah weungi diimah keueung sorangan
.....diimah keueung sorangan.....
Nyangigir asa gigireun, nangkarak asa luhureun
Nyangigir asa gigireun, nangkarak asa luhureun
aduh alah ieung asa luhureun....
Jung nangtung asa lanjung
gek duk diuk asa tiguling
leumpang asa da ngalonkewang"

lirik lagu ini bentuk puisi bhsa sunda,jdi memang klo di artikan sekilas ke bahasa indonesia psti tersa mistis.

tamy mengatakan... [Reply Comment]

saya orang bukan orang sunda, tp saya tau sedikit artinya... klo lg patah hati pasti suka dengerin lagu bangbung hideung, di putar berulang2 malah... heheheh...

Anonim mengatakan... [Reply Comment]

Hey There. I found your blog using msn. This is a really well written article.
I will be sure to bookmark it and return to read more of your useful info.
Thanks for the post. I will definitely comeback.


Review my weblog - vakantiehuizen

Anonim mengatakan... [Reply Comment]

If some one desires expert view on the topic of blogging then i recommend him/her to go
to see this web site, Keep up the fastidious work.

Also visit my website: vakantieparken in frankrijk

Anonim mengatakan... [Reply Comment]

I feel that is among the so much significant information for me.
And i'm satisfied studying your article. But wanna commentary on some general issues, The website style is perfect, the articles is really excellent : D. Good task, cheers

Visit my web page - vakantiehuisje frankrijk

gilang whd mengatakan... [Reply Comment]

Aku punya bukti video dr ponsel bukan satu dua orang yg kerasukan ketika seorang penyanyi cantik berkebaya menyumbangkan suaranya di pesta hajatan soudaranya suaranya merdu tinggi melengking bikin metinding ditambah lagi tariannya meliuk meliuk seperti ronggeng tempo dulu

gilang whd mengatakan... [Reply Comment]

Aku punya bukti video dr ponsel bukan satu dua orang yg kerasukan ketika seorang penyanyi cantik berkebaya menyumbangkan suaranya di pesta hajatan soudaranya suaranya merdu tinggi melengking bikin metinding ditambah lagi tariannya meliuk meliuk seperti ronggeng tempo dulu

gilang whd mengatakan... [Reply Comment]

Dari pencarian sy tentang fenomena bangbung hideung..sy mendapat sedikit kesimpulan dari pengakuan seorang sinden yg memiliki kemampuan supranatural tanpa berilmu..katanya lagu bangbung hideung itu lagu hiburan juga buat makhluk astral mereka sama berjoget seperti penonton mereka sangat senang dan menunggu lagu itu di dendangakan.jika terjadi kerasukan pd orang di sekeliling acara itu tergantung dari pd penyanyinya sendiri baik tdknya membawakannya karena lagu ini tingkat kesulitannya tinggi penyanyi ddt biasa tdk mudah mbwknnya

Poskan Komentar

[[ Form mobile comments ]]