Thanks for this day.. May God bless us everyone and everywhere..
Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 01 Oktober 2010

KESAKTIAN PANCASILA : masih saktikah...?

Pancasilaku...
Masihkah kau sakti...?
Lihatlah rakyatmu...
Berlomba-lomba saling berebut...
Entah memperebutkan apa...

Semua sedang sibuk
Menyemaikan ego di hati orang-orang
Keakuan yang membentuk perilaku yang anarkis
Marak, bagai sebuah trend yang sayang jika dilewatkan begitu saja

Pancasilaku...
Masihkah kau ada di hati rakyatmu...?
Sementara orang-orang berlomba untuk korupsi
Mengambil sesuatu yang bukan haknya
Membunuh yang bukan merupakan haknya pula...

Pancasilaku...
Masih banyak pula rakyatmu yang tak bisa mengingat tiap butir-butir di tubuhmu...
Apalagi untuk mengamalkannya...
Negeri yang sudah kau jaga untuk rentang waktu yang lamapun
Tak bisa merasuk dan tertanam megah di hatinya...

Aku..
Tak bisa berkata apapun lagi...
Aku...
Hanya ingin kau tetap berkharisma, tetap bergaung
Di dalam kehidupan rakyatmu
Di dalam sehari-harinya, di manapun berada...

Dan...
Akupun hanya bisa tertunduk lunglai...
Terbakar oleh senyummu yang semakin menyayat...

17 komentar:

Belantara Indonesia mengatakan... [Reply Comment]

penting sih jeng..cuman pemimpin negara ini yang tak penting pada periode ini...parah semua, kayak tinggal glanggang colong playu...halah...pada suka curhat dan lemah..bagusnya kesaktian pancasila ya buat negara ini jadi "sakti" kayak Brama Kumbara misalnya...kwkwkwkw...lele

Lone Fighter mengatakan... [Reply Comment]

PANCASILA, falsafah ato cuma skumpulan norma?

windflowers mengatakan... [Reply Comment]

@Belantara Indonesia yup...penting sih pasti...tp ya itu yg bikin agak gimanaaa gitu...hehe...
curhat bwt kepentingan pribadi pula...bukannya ngelindungi rakyat..malah pngn dilindungi...wkwkkw


@Lone Fighter ya...itulah mas...sbenernya prihatin jg sih...ngeliat negeri ini makin anarkis, dari kalangan muda ampe yg tua...:(

Seiri Hanako mengatakan... [Reply Comment]

dah mulai nggak percaya ma mitos sih kak...

narti mengatakan... [Reply Comment]

tersentil nih mba...apalagi anakku...sama sekali tidak ngerti...hiks...

sda mengatakan... [Reply Comment]

ehm....renungan yg bagus.
hafal aja tidak, apalagi mengamalkan?

gp mengatakan... [Reply Comment]

miris denger berita negeri tercinta akhir2 ini, gampang banget emosi...

aryadevi mengatakan... [Reply Comment]

dari dulu pancasila tidak sakti, dukungannya yang sakti dari bangsa yang bermoral dan bertuhan....tapi bisa dilihat sekarang...kemerosotan moral sudah terjadi...teguran sudah berulang dari Tuhan...apalagi yang ditunggu, kecuali menegakan kembali nilai moral bangsa ini.

Sukadi Brotoadmojo mengatakan... [Reply Comment]

yang terpenting menurut saya adalah pengaplikasian sila-sila pancasila dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya peringatannya. Peringatan memang penting, tapi buat apa kalau haya sebatas seremoni..he.he

*Mbak, ijin ambil screen shoot komentar anonim yang kemarin ya..he.he terimakasih

attayaya jembatan lighton mengatakan... [Reply Comment]

Garuda di dadaku
hiduplah Indonesia Raya



nb :
maaf baru bisa BW sekarang

Coretan Hidupku mengatakan... [Reply Comment]

Semoga pancasila tidak hanya dinilai hanya sebuah gambar saja. Yang paling penting adalah bagaimana mengamalkan sila2 dari pancasila itu sendiri yang syarat dengan nilai moral yang tinggi. Perlu kesadaran dari semua pihak untuk bisa menggalakkannya lagi.

Willyo Alsyah P. Isman mengatakan... [Reply Comment]

semangat !!

Ferdinand mengatakan... [Reply Comment]

Ini pula yg selama ini masih aku pertanyakan ... banyak yg menjunjungnya dan menjadikannya pedoman Negara... tapi disatu sisi mereka melupakan makna dari sila2 yg terkandung didalamnya dan dengan membabi buta saling membunuh saudara sebangsanya.....

maaf baru bisa berkunjung... Semangat N happy blogging...

windflowers mengatakan... [Reply Comment]

@seiri...hehe..pancasila bukan sekedar mitos, ri...:)

@mba narti...hehe..kl anak kecil blom ngerti sih wajar mba...:)

@sda...begitulah keadaan sekarang ini mba...

@gp...bener banget..mirisnya, seolah semua terjadi ga ada ujungnya...

@mas aryadevi...yup, menegakkan kembali nilai bangsa, dan bukan menunggu kehancurannya...hehe..semoga mas, kita bs menegakkan kembali panji-panji yg tertanam dlm pancasila...:)

@mas sukadi...yup mas...justru yg susah itu pengaplikasiannya...:)

*silakan mas...

@bang atta...merdeka...!! :)

@coretan hidupku...iya mas...ga mudah kita mengamalkan pancasila selagi kita menomorsatukan ego kita sendiri dan hanya mementingkan kelompok...:)

@mas willyo...semangat berjuang...:)!!

@ferdinand...yup..memprihatinkan fer keadaan kita sekarang ini...seandainya pancasila hidup di hati rakyat semuanya, pastilah keadaannya damai, aman, tenteram, tanpa ada teroris dan sebangsanya...mmhhh...rumit memang...

cermin mengatakan... [Reply Comment]

selamat beraktifitas, kawan

om rame mengatakan... [Reply Comment]

pancasiLa sudah kurang sakti, karena masih banyak pembunuhan2 kejam yang masih terjadi disana-sini. yakni, pembunuhan karakter.

windflowers mengatakan... [Reply Comment]

@cermin...selamat beraktivitas pula...:)

@om rame..yup om..udah memudar banget kesaktiannya...jiwa seakan tidak berharga lagi...dengan maraknya bunuh diri dan pembunuhan, berantem dan bersengketa...:(

Poskan Komentar

[[ Form mobile comments ]]