Thanks for this day.. May God bless us everyone and everywhere..
Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 18 Oktober 2010

Ketika Keindahan Itu Bernama Bunuh Diri

Menurut penelitian, angka bunuh diri di Indonesia telah mencapai 50.000 orang. Memang tak sebesar angka di Amerika, yang mencapai 900.000 orang. Kejadian bunuh diri di Indonesia , kebanyakan berkisar antara 13 hingga 23 tahun. Biasanya masalah yang sering membuat terpikirkan untuk bunuh diri adalah karena merasa terkekang, merasa terhina, masalah perekonomian, dan masalah percintaan. Tapi, kemarin dijelasin juga lho, kalo anak kelas 2 Sekolah Dasar pun, telah tega membunuh dirinya sendiri, karena terhina oleh kata-kata gurunya.

Kasus bunuh diri ini tak bisa lepas dari peran orang tua. Orang tua tak boleh merasa capek, jika anaknya ingin bercerita. Karena komunikasilah hal yang paling penting untuk mencegah adanya bunuh diri. Pendidikan moral dan agama memang benar-benar harus ditekan bagi anak-anak generasi muda kita.

Untuk mengurangi kasus bunuh diri ini, telah disediakan layanan masyarakat, namun layanan ini belum begitu dikenal. Ini dia link nya http://www.janganbunuhdiri.net. 

Semoga upaya ini dapat memperkecil kasus bunuh diri yang ada di Indonesia.


* Inspirasi dari acara Kick Andy.

7 komentar:

Akulah Sahabatmu mengatakan... [Reply Comment]

wah.. ngeri y ternyata huuufh.. slm sahabat.

om rame mengatakan... [Reply Comment]

saya tersebut juga pernah saya saksikan, karena peLakunya merupakan tetangga dekat saya, 1 orang anak ABG usia sekitar 15 tahun dan 1 orang Lagi mahasiswa sekitar 21 tahun. meLakukan bunuh diri, faktor penyebabnya hanya karena haL sepeLe. yakni, masaLah asmara remaja.

mengingat kondisi2 demikian marak terjadi, benar Mbak. kiranya peran orang tua atau orang yang Lebih dewasa disekeLiLing perLu memberi perhatian khusus kepada para remaja yang masih mencari jati diri, karena pada usia2 tersebut keLabiLan emosi masih menghantui daya pikir dan dan ketetapan hatinya.

windflowers mengatakan... [Reply Comment]

@akulah sahabatmu...mmhh..iya..mengerikan memang...semoga kita terhindar dari hal tsb dan tidak ada lagi yang menambah jejak angkanya...:)

@om rame...oya..?bener2 ngeri ya om...ada dua pula...haduuhh...

iya om...jadi orang tua jaman sekarang memang tantangannya banyak..anak2 sekarang cepet sekali membuat keputusan tanpa dipikir ulang..orang tua harus bener2 mengenal perilaku anak2nya..

oleh karena itu, aku mencoba -meski dengan cara sederhana dan bukan cara besar, dan mungkin perannya sangat kecil sekali- dengan share link yang kupasang di postingan ini...link itu sebagai ajang curhat bwt yg hendak bunuh diri ato jika kita tau ada yg hendak bunuh diri, dll..namun smoga dengan peran kecil ini, bisa membantu siapapun juga yg memerlukannya untuk mencegah angka bunuh diri itu bertambah kembali...hanya bisa berharap..semoga...:)

aryadevi mengatakan... [Reply Comment]

walau fenomena itu bisa dijelaskan secara ilmiah, tapi tetap aneh saja melihat kasus anak berumur dini begitu sudah nekat...

windflowers mengatakan... [Reply Comment]

@mas aryadevi...iya sih mas..memang kita jg sebaiknya melihat hal ini dari segala sisi...faktor X yang tidak terlihat oleh mata kita, bisa sangat berperan kuat di dalam kejadian ini...:)

om rame mengatakan... [Reply Comment]

amin. insya Allah.
semoga sosiaLisasi ini dapat berjaLan sebagaimana mestinya.

windflowers mengatakan... [Reply Comment]

@om rame..amin om..semoga..kita hanya bisa berharap yang terbaik; selalu...:)

Poskan Komentar

[[ Form mobile comments ]]